Tuesday 10 February 2009

KETERAMPILAN PENYIAR

Paling tidak ada lima yang harus dikuasai oleh seorang penyiar masa kini dan masa depan, yang meliputi:
1. Announcing Skill
Kemampuan bertutur dalam pengertian mengkomunikasikan setiap materi siaran (baik musik maupun informasi) kepada pendengarnya secara tepat dalam ukuran kaidah announcing.
2. Writing Skill
Kemampuan untuk menuliskan pesan, yakni tuturan dalam bentuk pengantar atau informasi dalam segala bentukknya.
3. Operating Skill
Kemampuan mengoperasikan peralatan siaran yang berkait secara langsung dengan tugas-tugas kepenyiaran dalam arti yang seluas-luasnya


4. Journalism Skill
Kemampuan untuk memyajikan siaran kata dalam kaidah jurnalisme radio.
5. Musical lounch
Kemampuan dalam menyajikan, merangkai musik yang dapat menyentuh emosi pendengarnya. Meskipun idealnya penataan musik di radio dilalukan oleh penata musik (Music editorldirector), namun seorang penyiar harus tetap memiliki cita rasa musik yang selektif dan apresiatif, serta kemampuan untuk merangkaikan musik atau lagu secara harmonis.
Keterampilan jurnalistik agaknya akan menjadi pegangan yang lebih mutlak bagi penyiar masa depan. Bukan hanya karena decade masa kini telah memasuki era komunikasi atau jaman informasi, tetapi lebih dari itu, peta persaingan radio siaran akan lebih banyak bertumpu kepada upaca untuk meraih pendengar seacara khas. Bisa lewat senjata pemilahan format secra lebih tepat.
Format apapun yang bakal dipilih akan menyandang konsekuensi kekuatan penyiar dalam bertutur.bahkan untuk radio yang “musical” kelak akan di tuntut untuk menyajikan informasi actual menyangkut musik- musik yamh disajikannya

0 comments: