Tuesday 10 February 2009

MENYIASATI KOMUNIKASI SIARAN RADIO

Mengacu kepada keberadaan radio dalam persepektif komunikasi seperti itu mka tak semua pendekatan berkomunikasi dapat begitu saja di terapkan oleh awak radio, dalam keterbatasan di skala komunikasi maka hanya beberapa prinsip komunikasi yang dapat di jadikan pegangan. Paling tidak ada 6 langkah:
1. KETAHUI
Ketahui apa yang akan di komunikasikan kepada pendengar, info macam apa yang di harapkan dari pendengar dan dampak apa yang di harapkan dari pendebgar.ini.
2. PILIH
Pilih cara penyampaian yang tepat : Lewat uraian,lewat obrolan, lewat naskah dan secara spontan.
3. PAHAMI
Pahami siapa penerima pesan (Komunikan), dalam hal siapa pendengar radio.pemahaman terhadap karakter pendengar akan semakin mempermudah pilihan acara dan juga pilihan kosa katanya. Pendengar dikawasan pedesaan akan lebih nudah diajak beromunikasi dengan bahasa daerah daripada bahasa Indonesia secara formal
4. LATIHAN
Dengan meletakkan azas komunikasi sebagai pedoman pokok. Azasnya meliputi:
- Akurasi, ketepatan bunyi dan ketepatan makna jelas, bunyi dan maksudnya.
- Yakin, bahwa yang disampaikan benar adanya.

5. HINDARI
Hindari Kendala dalam berkomunikasi seperti :
- Emosi yang menyimpang
- Terlalu bnyaknya materi yang ingin disampaikan sekaligus
- Kesalahan pemilihan cara berkomunikasi sehingga makin membingungkan penerima pesan.
6. TARGETKAN
Targetkan komunikasi lewat medium radio ini kearah pencerapan dan pemahaman secara cepat dan tepat.
Komunikasi lewat radio hanya mengandalkan suara. Karenanya, proses pengiriman pesan hingga kepemahaman oleh pendengar radio akan senantiasa dihadapkan pada keterbatasan-keterbatasan pula. Bagi penyiar radio mengatasi keterbatasan itu harus menjadi pegangan sejak dini.
1. Para pendengar radio punya hak penuh untuk menghidupkan dan mematikan pesawat radio, jadi tariklah perhatian mereka lalu pertahankan daya tarik itu selama mungkin.
2. Benak pendengar radio tak dapat menerima informasi dalam jumlah yang banyak sekaligus. Jadi, batasi fakta-fakta, detail-detail, angka-angka atau konsep-konsep yang akan disanpaikan dalam satu penuturan. Singkatkanlah sependek mungkin.
3. Siaran radio hanya merupakan komunikasi searah. Karena itu yang penting adalah pemahaman pada saat pertama didengarkan. Lebih dari itu, sederhanakan cara dan kosa katanya.
4. Tingkat penerapan pendengar yang sangat beragam terhadap penuturan lewat radio.jadi, sajikan dengan kecepatan rata-rata, dimana pendengar itu mampu menangkap apa yang dimaksud.
5. Makna dapat dipercaya lewat suara. Oleh karena itu pahami cara- cara menekan suara dalam bertutur.
6. Manusia cenderung untuk memahami segala sesuatu lewat pengelihatan. Karenya di medium radio di perlukan upaya bertutur yang dapat mengambarkan suasana.


0 comments: